Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cerita Lucu "Biji Buah Misterius"

Biji Buah Misterius

oleh : Andi Dwi Handoko

Jon Koplo, siswa SD kelas dua ini selalu ingat nasihat ibunya “Kalau ada sesuatu yang tidak kamu ketahui, segera tanya sama Pak Guru atau Bu Guru”. Sepertinya, nasihat ibunya tersebut terekam erat di memori Koplo. Maka tak ayal, setiap pelajaran, anak yang paling banyak tanya di kelas tak lain adalah Jon Koplo.
Suatu hari, Koplo dan teman-temannya diajak gurunya ke lapangan dekat sekolahnya untuk olahraga. Di lapangan hijau berumput itulah, anak-anak dibebaskan berolahraga oleh gurunya. Ketika olahraga sudah selesai, anak-anak dibimbing untuk kembali  ke sekolah. Ketika akan keluar lapangan, Koplo memperhatikan di antara rerumputan ada sesuatu yang mengusik pandangannya.
Ia pun mengambil benda tersebut. Ia mengamati benda yang mirip biji buah tersebut dengan saksama bak seorang peneliti.
“Plo, ayo nanti ketinggalan,” teriak temannya dari jauh.
“Iya, nanti dulu,” jawab Koplo sambil asyik memperhatikan benda yang ada di tangannya.
“Ini biji apa ya?” batin Koplo.
Karena sudah ditinggal, Koplo pun segera berlari mengejar temannya dan menyimpan benda yang ditemukannya di saku celana olahraganya.
Sampai di sekolah, ia segera mencari wali kelasnya Bu Lady Cempluk.
“Bu... Bu Cempluk....!!”
“Ada apa, cah bagus?”
“Anu Bu, anu... .”
Sik... sik... tarik napas dulu, aja menggeh-menggeh!”
“Ini Bu, Koplo mau tanya, ini biji buah apa Bu? Tadi Koplo mengambilnya di lapangan. Di sana masih ada banyak banget, Bu. Kalau ditanam bisa tumbuh apa nggak? Buahnya enak enggak?” tanya Koplo nerocos sambil memperlihatkan biji misteriusnya kepada Bu Cempluk.
“Ooalah.. Plo ... Koplo...!! Ini bukan biji buah, kalau ditanam juga nggak bakalan tumbuh, soalnya ini kotoran kambing alias srinthil wedus.”
“Ha...? Srinthil...? Kotoran kambing?”
Serta merta Koplo langsung membuang biji misteriusnya, sambil berlari mencari air untuk cuci tangan.

Dimuat di rubrik Ah Tenane, Solopos, Senin, 14 September 2015
Andi Dwi Handoko
Andi Dwi Handoko Pendidik di SMP Negeri 2 Jumantono. Pernah mengajar di SD Ta'mirul Islam Surakarta dan menjadi editor bahasa di sebuah surat kabar di Solo. Suka mengolah kata-kata di DapurImajinasi dan kadang juga di media massa. Pernah juga mencicipi sebagai pelatih Teater Anak dan Pimred Majalah Sekolah. Suka juga bermusik. Hubungi surel adhandoko88@gmail.com, Instagram adhandoko88, atau facebook.com/andi.d.handoko

Posting Komentar untuk "Cerita Lucu "Biji Buah Misterius""